SERAGAM!

haii hari ini banyak broadcast tentang bbm mau diperbaruin nihkatanya kalo ga broadcast lagi ga bisa bbm,semoga itu gabener yahh:),ok btw… awal post ini ganyambung sama isi maupun judul HAHA ok to the point

sekolah?banyak banget hal-hal yang berhubungan dengan sekolah,dan yang satu ini ga kalah penting sama yang lainnya yaitu SERAGAM SEKOLAH

Dimulai dari Inggris,seragam sejolah pertama kali dikenalkan secara besar-besaran pada masa kekuasaan Raja Henry VIII.Seragam sekolah pada masa biasanya disebut “mantel biru” karena modelnya yang berbentuk mantel panjang dan berwarna biru pastinya.Sekolah pertama yang memperkenalkan seragam adalah Christ’s Hospital dan juga merupakan seragam sekolah tertua di daratan Inggris Raya.

Berlanjut ke tahun 1870,Inggris memperkenalkan UU Pendidikan Dasar yang memberikan pendidikan gratis kepada semua anak.Dari situlah popularitas seragam ini meningkat dan akhrirnya sebagian besar sekolah memiliki seragam yang berbeda-beda bentuk dan gayanya.nah perbedaan ini sempat terjadi bertahun-tahun sebelum akhirnya pada tahun 1960-an penggunaan seragam sekolah mulai mengalami pergeseran.Beberapa sekolah menjadikan seragam sebagai identitasnya.

Lambat laun seragam sekolah mulai berkembang ke negeri Jepang.Sebelumnya seragam sekolah atau seifuku telah hadir di Jepang dari 100 tahun yang lali,tepatnya pada era Meiji.Menurut museum Seragam Tombow,awalnya seragam sekolah di Jepang hanya berupa kombinasi kimono formal,kemeja dan hakama yang berguna hanya untuk meningkatkan wibawa para siswa.

Nah seiring kemajuan jaman,beberapa budaya inggris secara perlahan masuk ke Jepan,akibatnya penggunana hakama diganti dengan jas gakuran serta celana panjang hitam atau biru tua.mOdel jas gakuran terinspirasi dari seragam militer dengan kerah tinggi dan kaku,serta kancing logam sampai ke bagian leher.

Setelah melewati perkembangan tersebut,akhirya pada tahun 1920 para siswa di Jepang mulai mengenakan seragam gaya pelaut yang sampai sekarang masih dipakai.Model ini terinspirasi dari seragam angkatan laut di Inggris.Hal ini dikarenakan kepala sekolah di SMU,Elizabeth Lee yang sempat tinggal di Inggris dan alasannya angkatan laut di Inggris dikenal sebagai angkatan yang terkuat di samudra.

Untuk beberapa murid dan orang tua yang sadar tentang berkembangnya mode,seragam sekolah bisa digunakan sebagai style dari simbol keunggulan.Perancang busana ternama Jepang seperti Hanae Mori pernah meluncurkan koleksi seragam sekolah untuk anak-anak orang kaya.Gak hanya itu,merk terkenal Benneton juga mempunyai niat untuk buat seragam khusus orang Jepang.

Menurut majalah New York Times,remaja-remaja Jepang sudah menyadari bahwa seragam mereka milik nilai jual dan daya tarik tersendiri.

HIHIIIHIHI seragam…yang kita pake sekarang ini..ternyata ada sejarah nya juga..keren..hiihhiihi 

udah dulu babai!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s